· Akan Dikunjungi Tim Evaluator UGG

Bangko- Situs Batu Silindrik Pratintuo di Desa Dusun Tuo Kecamatan Lembah Masurai, menjadi salah satu titik Geopark Merangin-Jambi yang akan dikunjungi Tim Evaluator Unesco Global Geopark (UGG).

Hal tersebut dikatakan Wabup Merangin Nilwan Yahya, saat berkunjung ke situs tersebut pada Minggu (02/10). Batu Silindrik Pratintuo tersebut, terletak di perbukitan dengan ketinggian 800 dpl.

‘’Situs Batu Silindrik Pratintuo merupakan peninggalan megalithik berbentuk silindrik, terbuat dari batuan metamorfik,’’ujar Wabup dibenarkan Geologist Geopark Merangin Magdalena Ritonga MT.

Batu tersebut, berbentuk silindrik memanjang, dengan orientasi ke arah Gunung Hulu Nilo. Ini mengingatkan sebuah tradisi budaya megalithik akan penghormatan roh-roh leluhur yamg bersemayam di atas gunung.

Magdalena Ritonga MT menambahkan, dalam tradisi budaya megalithik terdapat kepercayaan, bahwa leluhur yang sudah meninggal, kehidupan berlanjut dan bersemayam di puncak-puncak gunung.

‘’Kabarnya relasi masyarakat yang masih hidup di dunia saat itu dengan leluhur tidak boleh putus dan terus dijaga, agar kekuatan dan perlindungan leluhur terus memberi naungan kehidupan yang ada di dunia,’’terang Magdalena Ritonga MT.

Relasi ini lanjut dosen Fakultas Sains dan Teknologi Unja tersebut, diwujudkan dalam bentuk penghormatan leluhur melalui upacara adat dan ritual, salah satunya di ’Situs Batu Silindrik Pratintuo tersebut.

Sedangkan media penghubung dunia dan alam leluhur lanjutnya, salah satunya dengan mendirikan bangunan ataupun media pemujaan berbentuk batu-batu besar, antar lain kubur batu, menhir, dolmen, arca nenek moyang dan media batu lainnya.

Batu Megalithik ini umumnya didirikan mengarah ke gunung ataupun berada di dataran tinggi, seperti peninggalan megalithik di kawasan dataran tinggi Jambi, selain terdapat menhir, dolmen, yang paling khas adanya batu silindrik .

Sementara itu masyarakat lokal Desa Dusun Tuo menyebut Batu Silindrik Pratintuo, sebagai Batu Larung, ada juga yang menyebut Batu Bedil atau Batu Meriam, karena bentuknya seperti senjata meriam.

Dari pantauan Diskominfo News di lapangan, Batu Silindrik Pratintuo bentuk dan hiasannya sangat khas, terdapat motif hias antropomorfik, goresan geometris dan terdapat pahatan figur manusia yang digoreskan di permukaan batu.

Informasinya, motif figur manusia itu merupakan representasi leluhur yang selalu memberi perlindungan dan kesejahteraan masyarakat dan keturunannya yang masih hidup di dunia.

Situs Batu Silindrik Pratintuo dikelilingi pagar besi, berada di tengah-tengah perkebunan warga. Di sekaliling Batu Silindrik Pratintuo itu ditanami rumput, sehingga terlihat bersih dan terawat dengan baik.(teguh/kominfo)