-

Profile Kepala Dinas

Nama Lengkap Ir. Muhamad Arief. RH, MUM
Tempat/Tanggal Lahir Jambi, 26 Juni 1969
Agama Islam
Alamat Kantor Jalan H.M Kamil Kel. Pasar Atas Kec. Bangko (Jam Gento Lt. 2), Kode Pos 37312
Jabatan Terakhir/Sekarang Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Merangin

Profil Seorang Ir. Muhamad Arief RH, MUM

Ir. Muhamad Arief RH, MUM adalah birokrat sejati yang lahir di Jambi, 26 Juni 1969. Saat ini Kak Arief (begitu beliau akrab disapa), menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo Pemerintah Kabupaten Merangin.

Suami Lilis Sumiati, S.Sos yang masih berdomisili di Jalan Teuku Umar No 105 RT 10 Kelurahan Pematang Kandis Bangko ini, mengawali karirnya sebagai Kasi TRTGT Bappeda Sarko pada 1996-2001.

Pada 2001, ayah dari Aulia Arlini, Julia Rifani, M Rausan Fikri dan M Fauzan Jafidzi ini, dilantik menjadi Kabid Perencanaan Bappeda Merangin 2001-2005. Berkat kinerja kerasnya, karier M Arief terus merangkak naik.

Memasuki 2005 pejabat yang meraih penghargaan Satyalencana Karya Satya 10 tahun dan 20 tahun ini, kembali dilantik menjadi Kabid Fisik dan Prasarana Bappeda Merangin 2005-2006.

Tidak sampai disitu, pada 2006 pejabat semasa kecilnya menimba ilmu di SDN No 89/IV Jambi ini, kembali dipromosikan menjadi Kabid Bina Hutan Dishut Merangin 2006-2007 dan pada 2007-2008 menjabat Kabag Penyelenggaraan Program Setda Merangin.

Berkat dedikasinya yang tinggi, pejabat yang ketika memasuki usia remaja bersekolah di SMP Negeri 06 Jambi ini, kariernya kian bagus. Pada 2008 M Arief dipercaya menduduki jabatan Kabag Keuangan Setda Merangin.

Tidak genap setahun sebagai Kabag Keuangan, pejabat yang remajanya bersekolah di SMA Negeri 03 Jambi ini kemudian dilantik menjadi Kabag PDE Setda Merangin 2008-201.

Keberuntungan terus memihak kepada dirinya, jebolan SI Pertanian UNJA ini kemudian pada 2011-2012 dipercaya menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merangin.

Begitu juga pada tahun berikutnya 2012, pria yang dikenal sangat cekatan dan berkarakter ini, kembali mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Bappeda Pemkab Merangin.

Pejabat yang merampungnya study S2 di University of Canberra ini, terus mengukir prestasi kerjanya, sehingga pada 2012-2015 pria berkacamata minus ini dilantik menjadi Kepala Dispenda Merangin.

Pejabat yang dikenal berdisiplin tinggi dan kaya akan ilmu teknik sipil tersebut, pada 2015-2016 diangkat menjadi Kepala Pekerjaan Umum Pemkab Merangin. Berkat prestasi kerjanya, pada 2016-2019 M Arif dipecaya lagi sabagai Kepala Dinas PU-PR Merangin.

Berkat kemampuan ilmu teknologi yang dimiliki, memasuki era millenial yang serba digital, pejabat yang melekat dengan kegigihan dalam bekerja ini pada 2019 lalu dipercaya menjabat sebagai Kepala Dinas Kominfo Merangin hingga sekarang.***

Tupoksi

  1. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas membantu Bupati melaksanakan Urusan Pemerintahan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik dan tugas pembantuan.
  2. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam angka (1), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan fungsi :
  • Perumusan kebijakan urusan Pemerintahan di Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik;
  • Perumusan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) Kabupaten menjadi Rencana Strategis (RENSTRA) Dinas;
  • Pengkoordinasian dan Pengarahan serta Pembinaan Pelaksanaan Program kegiatan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik;
  • Penyelenggaraan Pelaksanaan Program kegiatan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik;
  • Pengevaluasian Pelaksanaan Program kegiatan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik;
  • Pelaksanaan Tugas Pembantuan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik;
  • Pelaporan dan Pertanggung jawaban Pelaksanaan Program Kegiatan di Bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik; dan
  • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan Bidang tugas dan fungsinya.

DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KABUPATEN MERANGIN

Jalan H.M Kamil (Jam Gento Lt. II) Kel. Pasar Atas Kec. Bangko Kode Pos 37312

Media Sosial