· M Arief, Inovator Radio Streaming Diskominfo Merangin

Bangko-Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Merangin ke-72, Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Merangin, menggelar ‘Balitbang Coffee Corner’ di halaman kantornya Komplek Kantor Bupati Merangin, Selasa (21/12).

Melalui Balitbang Coffee Corner itu, muncul para Inovator-inovator Merangin yang akan mendongkrak, bersinergi memulihkan ekonomi, kesehatan dan meningkatkan daya saing daerah menuju Merangin Mantap, unggul di bidang pertanian dan pariwisata 2023.

‘’Biasanya seseorang setelah ngopi, akan muncul ide-ide cemerlang untuk berinovasi. Inilah pentingnya Balitbang Coffee Corner tersebut,’’ujar Bupati Merangin H Mashuri didampingi Asisten II Setda Merangin Ibrahim.

Paling tidak ada sebanyak 10 orang Inovator, yang muncul pada acara Balitbang Coffee Corner yang berlangsung meriah, dihadiri Staf Ahli Gubernur Jambi Ariansyah yang juga Ketua Assosiasi Kopi Indonesia-Jambi tersebut.

Sebanyak 10 orang Inovator itu, Muhammad Arief berinovasi membuat LPPL Radio Streming Diskominfo Merangin melalui aplikasi adroid di era digital, Feronita berinovasi peningakatan kualitas penyusunan laporan keuangan daerah menggunakan sarana Help-Desk pojok akuntansi.

Selain itu, Syafrani berinovasi pelayanan Sicakep, Kaprawi berinovasi gerakan serentak sadar ternak sehat, Sutoto berinovasi gerakan bersama masyakat mengembangkan manfaat dan kelestarian air Sungai Batang Merangin.

Tidak hanya itu, juga ada Yoga Hendrawan berinovasi layanan prima Suku Anak Dalam (SAD). Andi Irawan Rianza berinovasi gerakan terpadu Tabir Timur Berdayo, Edy Suprapto berinovsi gerakan bersama mengembalikan lahan eks PETI menjadi sawah secara partisipatif.

Disamping itu ada pada acara yang juga dihadiri Ketua Dewan Kopi Indonesia-Jambi Edianto dan Ketua Satu Association Big Reazon Akul tersebut, juga ada Ibrahim yang telah memperkasai innovation HUB Kabupaten Merangin dan Muhammad Zuhdi berinovasi terhadap pelayanan daerah sulit air.(teguh/kominfo)