· Solusi Mengoptimalkan dan Efektivitas Program Publikasi

Bangko-Dinas Kominfo Kabupaten Merangin melakukan bimbingan pengoperasian Aplikasi SI-MER (Sistem Informasi Merangin), kepada para operator di desa dan kelurahan dalam Kecamatan Bangko, Rabu (13/9).

Bimbingan SI-MER tersebut menghadirkan penyaji M Khalid, programmer Diskominfo Merangin dan Kabid Layanan Komunikasi dan Informatika (LKI) Diskominfo Merangin Teguh Jarhamin,S.Kom bersama Tim Efektif.

Tampak hadir Camat Bangko Edi Suprapto, Kapolsek Bangko, Babinsa Bangko, para Kades, Lurah se-Kecamatan Bangko, para pengurus PKK Kecamatan Bangko dan para kades Posyandu di wilayah Kecamatan Bangko.

‘’Kami sangat mengapresiasi sekali wilayah kerja kami dijadikan lokus dari penerapan Aplikasi SI-MER ini, sehingga kegiatan di desa-desa dan kelurahan di kecamatan kami bisa terpublikasi,’’ujar Camat Bangko Edi Suprapto.

Kabid LKI Diskominfo Merangin Teguh Jarhamin, S.Kom dalam sambutan pembukaan mengatakan, Aplikasi SI-MER merupakan solusi atas tidak terkafernya kerja liputan Diskominfo Merangin ke desa-desa.

Aplikasi ini akan memberikan perubahan nyata terdapat pemberitaan yang dilakukan, mengingat penyebaran informasi publik melalui program publikasi memainkan peran yang sangat strategis dalam pembangunan.

Sebagai ‘corong’ dan jurubicara pemerintah daerah, Dinas Kominfo bertanggungjawab terhadap pelaksanaan penyebaran informasi kegiatan Pemerintah Kabupaten Merangin.

‘’Informasi itu sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Hak masyarakat untuk mendapatkan informasi itu dijamin oleh undang-undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan informasi publik,’’ujar Kabid LKI Diskominfo Merangin.

Selanjutnya, Programmer Diskominfo Merangin M Khalid memaparkan bagaimana cara pengoperasikan Apliksasi SI-MER dan langsung memberikan bimbingan sekaligus langsung mempraktekan jalannya SI-MER.

‘’Setelah terbuka laman formulir elektronik berita, bapak dan ibu sekaligan sudah bisa langsung mengisi kalimat pada kolom-kolomnya dan mengisi laman foto yang sudah sediakan, selanjutnya tekan tombil kirim, semua data berita langsung terkirim,’’ujarnya.

Bimbingan tersebut mendapat sambutan luar biasa dari para peserta dan undangan yang hadir. Bahkan tidak hanya desa dan kelurahan yang langsung menerapkan Aplikasi SI-Mer, tapi instansi-instansi lainnya.(teguh/kominfo)