JAMBI – Dalam rangka menjalankan Kegiatan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sudah saatnya melakukan pembinaan di setiap kabupaten/kota di provinsi Jambi dan bukan hanya sosialisasi KIM.

Hal tersebut dikatakan Reni Afrianingsih, S. Sos, Kasi Publikasi Diskominfo Provinsi Jambi dalam kegiatan koordinasi kegiatan KIM diruang PPID Dinas Kominfo Provinsi Jambi.“Seharusnya sekarang kegiatan KIM yang dilaksanakan bukan lagi seputaran sosialisasi KIM, namun sudah langsung pada pembinaan KIM” kata Reni.

Hal ini dirasa cukup sependapat, karena Dinas Kominfo Kabupaten Merangin dalam hal ini Kasi Sumberdaya Komunikasi Publik dan Penyiaran pada Tahun Anggaran 2020 telah menyiapkan anggaran biaya untuk melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pendampingan Forum KIM ditingkat Kecamatan. Walaupun dengan keterbatasan anggaran BIDANG PLIKP Dinas Kominfo Kab. Merangin tetap optimis dalam malaksanakan Kegiatan dimaksud diatas. Setidak-tidaknya kegiatan pending terlebih dahulu dikarenakan keadaan yang kurang kondusif akibat Covid-19. Bahkan Dinas Kominfo juga merencanakan akan mengadakan lomba KIM se Kabupaten Merangin pada anggaran APBD-P 2020.

Ditambahkan Kasi Publikasi Dinas Kominfo Provinsi Jambi, bahwa pada saat ini Dinas Kominfo Provinsi Jambi dalam hal melaksanakan kegiatan publikasi sudah diubah pelaksanaannya menjadi video konfernce demi mencegah penyebaran covid-19 karena itu sesuai dengan anjuran Presiden RI Bapak Jokowi. Media sosialpun tidak luput juga menjadi penyebarluasan informasi yang efektif seperti Facebook, IG, WA dsb, termasuk dalam hal mengendalikan berita HOAX. (PLIKP-Kominfo)