BANGKO – Mengingat pentingnya peranan data, yang nantinya akan menjadi basis informasi, dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan dan pelaksana kegiatan pembangunan. Untuk itu ketersediaan data statistik sektoral sangat dibutuhkan dalam memberikan informasi bagi perencanaan pembangunan, maupun evaluasi atas pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Oleh karena itu, menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merangin Ir. Muhammad Arief RH, Mum, Pemerintah Kabupaten Merangin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika selaku wali data, akan menyediakan data statistik sektoral yang lengkap, dengan tetap melakukan koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Merangin selaku pembina data dan dengan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku produsen data.

‘’Semakin banyak data yang lengkap, maka data semakin bagus, dan data statistik sektoral harus dapat dipertanggungjawabkan,’’ kata Muhammad Arief saat rapat bersama Bidang Pengelolaan dan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik (PLIKP) Dinas Komunikasi dan Informatika di ruang kerja kepala dinas, Rabu, 29 Januari 2020.

Dijelaskannya, statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah, baik daerah maupun secara nasional, yang akan terhimpun dalam Satu Data Indonesia. (PLIKP)