BANGKO – Salah satu program dari pemerintah yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemkominfo) RI berupa Internet Sehat dan Aman (INSAN). Dinas Kominfo Kabupaten Merangin saat turun ke desa lokasi P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera) Desa Telun Kecamatan Nalo Tantan juga telah mensosialisasikan INSAN ke siswa SMP Satu Atap Desa Telun.

Menurut Kepala Bidang PLIKP Diskominfo Merangin, Erwandi, S.Ag, mensosialisasikan INSAN kepada pelajar dengan tujuan agar saat penggunaan internet dapat secara sehat dan aman melalui pembelajaran, etika berinternet secara sehat dan aman.

‘’Media yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi INSAN, berupa tatap muka dan diskusi di salah satu ruang SMP Satu Atap Desa Telun dan siswa sangat senang mengikutinya,’’ kata Erwandi, Kabid PLIKP saat mewakili Kadis Kominfo Merangin.

Foto: Kabid PLIKP Erwandi, SAg saat memberikan penyuluhan tentang internet sehat dengan siswa SMP Satu Atap Desa Telun Kecamatan Nalo Tantan. (dok)

Dijelaskan Erwandi, tips Internet Sehat dan Aman untuk anak pelajar antara lain, tempatkan internet di tempat terbuka, jangan menanggapi email dari orang yang tidak dikenal, segera tinggalkan atau keluar dari situs liar yang tidak pantas untuk anak-anak, jangan menanggapi ajakan pertemuan langsung, jangan memberikan data pribadi dan keluarga, alamat rumah, kantor, sekolah, nomor telepon, tanggal lahir atau password dan data diri kepada orang lain ataupun saat mengisi data diri pada situs personal, manfaatkan internet untuk keperluan belajar, gunakan software proteksi ( Firewall, Antivirus, dan lain-lain) dan filter (K9 protection) dan gunakan browser khusus anak-anak.

Bahkan pihak SMP Satu Atap Desa Telun juga menyambut baik adanya sosialisasi yang dilakukan Diskominfo Merangin kepada para siswanya. Karena dengan kemajuan dunia digital saat sekarang ini, banyak dampak positifnya, tapi juga ada dampak negatifnya, terutama di media sosial. Oleh karena itu, dengan adanya sosialisasi INSAN, siswa dapat menggunakan internet untuk keperluan belajar dan keperluan berinteraksi secara sosial. (PLIKP)