Bangko – Bupati Merangin H Al Haris menjadi nasabah pertama yang membuka rekening tabungan di Bank BNI Syariah Merangin. Pembukaan rekening tersebut, dilakukan bupati pada acara peresmian Bank BNI Syariah Merangin, Jumat (17/1).

Selanjutnya BNI Syariah, akan memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat Merangin yang ingin membuka rekaning di bank Islam tersebut. ‘Kehadiran BNI Syariah ini, akan memperlengkap Perbankan di Merangin,’’ujar Bupati.

Dikatakan bupati, perbankan syariah atau bank Islam adalah suatu sistem perbankan yang dikembangkan berdasarkan syariah (hukum) Islam, ini sangat bagus sekali dibuka di Merangin.

Diakui bupati, usaha pembentukan sistem ini didasari oleh larangan dalam agama Islam, untuk memungut maupun meminjam dengan bunga. Di perbankan konvensional bank menjadi debitor dan penabung menjadi kreditor.

Atas dasar simpan-pinjam, bank membayar bunga kepada penabung dengan tingkat bunga yang sudah ditentukan. Sedangkan di perbankan syariah lanjut bupati, si penabung merupakan mitra bank, sekaligus investor bagi bank itu.

Sebagai investor tentunya berhak menerima hasil investasi bank itu. Hasil yang diperoleh penabung naik dan turun secara proporsional, mengikuti perolehan bank syariahnya.

‘’Jadi Muamalah berdasarkan konsep kemitraan dan kebersamaan dalam profit dan risk itulah yang akan lebih mewujudkan ekonomi yang lebih adil dan transparan,’’terang Bupati dibenarkan pegawai BNI Syariah Merangin tersebut.

BNI Syariah Merangin berada di Jalan Jalur Tiga Kota Bangko, tepatnya di kawasan ruko Perbankan dekat Jembatan Merangin, persis disamping Bank BCA deretan Bank Mandiri Dusun Bangko. (febria/kominfo)