Bangko – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merangin yang memiliki tugas pokok dan fungsi di bidang urusan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merangin, terus berupaya menyampaikan kepada publik terhadap program kerja dan kegiatan di pemerintah Kabupaten Merangin.

Di tengah hilangnya pendengar radio konvensional, maka radio berbasis internet atau radio on line atau yang lebih dikenal dengan radio streaming Merangin.FM telah hadir di tengah pendengar di penghujung tahun anggaran 2019 di Kabupaten Merangin oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merangin. Bahkan radio yang dapat diakses melalui android dapat melayani pendengar dalam bentuk music dan berita selama 24 jam.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merangin Ir. Muhammad Arief RH, Mum Digitalisasi telah menguasai kehidupan masyarakat. Digitalisasi merupakan transformasi masyarakat informatif yang secara memaksa dari bentuk analog ke digital. Digitalisasi tidak hanya berpengaruh pada aspek kehidupan masyarakat, melainkan juga berpengaruh pada beberapa media informasi dan telekomunikasi, baik media cetak maupun media elektronik.

‘’Saat ini radio konvensional dihadapkan dengan berbagai macam media yang mengalami perkembangan akibat digitalisasi. Jaringan internet yang mudah diakses oleh masyarakat menjadi jalan alternatif penggunaan media on-line. Masyarakat kini gemar mengakses media on-line untuk memperoleh berbagai informasi dengan cepat,’’ kata Muhammad Arief.

Perkembangan media, selain radio konvensional ke ranah digital mampu menarik perhatian khalayak, sehingga sumber informasi yang diperoleh masyarakat tidak hanya bertumpu pada radio konvensional.

‘’Inilah yang menjadi tantangan bagi Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Merangin untuk menyampaikan informasi kegiatan dan program pemerintah kepada publik, mengingat digitalisasi telah merambat pada sendi-sendi kehidupan masyarakat,’’ jelas Muhammad Arief. Dan bahkan lanjutnya, untuk mengakses informasi melalui jaringan internet, baik melalui perangkat berbasis sistem Android dan melalui komputer membawa kebiasaan baru bagi masyarakat untuk gemar mengakses media on-line termasuk mengakses merangin.fm selama 24 jam. (PLIKP).