Bangko – Wabup Merangin H Mashuri sangat mengapresiasi program Polisi Perduli Penghijauan yang dilakukan serentak di Indonesia. Di Kabupaten Merangin ‘Polisi Perduli Penghijauan’ launching pada Jumat (10/1) di Polsek Kota Bangko. Pada acara yang berlangsung meriah tersebut, wabup dan seluruh pejabat yang hadir diminta untuk menanam satu pohon.

‘’Kegiatan ini sangat positif sekali dan kita sangat mengapresiasinya,’’ ujar Wabup.

Diakui Wabup, banyak lahan di Kabupaten Merangin telah beralih fungsi menjadi kebun sawit. Sedangkan sawit itu sendiri sangat banyak menyerap air, bukan sebagai penyimpan air. Satu pohon sawit dalam seharinya jelas Wabup, bisa menyerap air antara 19 sampai 20 liter. Air sebanyak itu tentunya tidak sedikit, jika dibangingkan dengan banyaknya lahan sawit di Kabupaten Merangin.

Kondisi itu lanjut Wabup, jika dibiarkan maka bumi Kabupaten Merangin bisa mengering, karena lahan sawitnya sangat luas. Untuk itu sangat penting diimbangi dengan tanaman yang bisa menahan air.

Wabup mengajak seluruh masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan perkarangan rumah sebagai penghijauan dan lahan-lahan yang kosong bisa ditanami pohon bermanfaat.

‘’Pohon Beringin merupakan salah satu pohon yang mampu menahan air, sehingga untuk satu pohon beringin, air yang ditahan bisa untuk kebutuhan empat orang anggota keluarga setiap harinya,’’ ujar Wabup.

Sementara itu Kapolres Merangin AKBP M Lutfi mengatakan, untuk sekarang ini Polres Merangin telah menanam sebanyak 200 pohon. Sedangkan untuk setiap Polsek-nya telah menanam sebanyak 20 pohon dalam sehari.

‘’Kita arahkan untuk penanaman pohon-pohon buah, sehingga bisa bermanfaat untuk kebutuhan buah-buahan bagi keluarga. Selain itu kita juga menanam pohon pelindung,’’ terang Kapoles Merangin. (teguh/kominfo)